Slide 1

Berbagai macam moda pembelajaran

Slide 2

Literasi

Slide 3

Kegiatan Pramuka

Slide 4

Kerucut Pengalaman

Slide 5

Pembelajaran Aktif

Jumat, 23 Desember 2016

INFORMASI TERBARU SEPUTAR UN DAN USBN TAHUN 2017 UNTUK SMP, SMA, DAN SMK

Berikut ini penulis memuat informasi tentang Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ujian Nasional tetap dilaksanakan dan ditambah dengan ujian sekolah berstandar nasional. Di bawah ini penulis sajikan beberapa informasi tentang UN dan USBN termasuk Kisi-Kisi UN untuk UN 2017. Mulai dari pelaksanaan, mata pelajaran yang diujikan, sampai dengan peran dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu juga ada bahan presentasi dalam bentuk PPT yang menjelaskan tentang UN, USBN, dan US serta sekilas tentang POS. Serta ada juga bahan tentang info ini yang bisa di download. Mudah-mudahan bermanfaat.









Link Download :
Bahan Informasi UN dan USBN
Link 2
Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun 2017
Link 1
Presentasi UN, USBN, US, dan POS
Link 1

Kamis, 24 November 2016

Cara Mudah Membuat Soal HOTS dan Contoh Kisi-Kisi dan Soal-Soalnya.

Oleh :
Adi Saputra, M.Pd
Tulisan ini akan menjelaskan tentang soal HOTS (Higher Order of Thinking Skill) soal yang tingkat berpikirnya tinggi dalam Taksonomi Bloom. Kurikulum 2013 sekarang menuntut untuk soal bentuk ini agar membiasakan peserta didik kita dengan keterampilan berpikir kritis. Pada bagian ini akan dijelaskan tentang pengertiannya, contoh soal untuk beberapa mata pelajaran dan juga terdapat bahan yang bisa Bapak/Ibu download sebagai bahan referensi dan contoh kisi-kisi dan soal HOTS. Mudah-mudahan bermanfaat.

a.         Pengertian Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide. Kemampuan-kemampuan ini merupakan kemampuan berpikir level atas pada taksonomi Bloom yang terbaru hasil revisi oleh Anderson dan Krathwohl seperti pada gambar di bawah ini.
Latar belakang digalakkannya pengembangan butir soal HOTS ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik Indonesia dalam survey yang dilaksanakan oleh benchmarking internasional seperti PISA dan TIMSS. Belajar berpikir kritis tidak langsung seperti belajar tentang materi, tetapi belajar bagaimana cara berpikir kritis dalam penggunaanya untuk memecahkan masalah saling berkaitan satu sama lain. Keterampilan berpikir peserta didik dapat dilatihkan melalui kegiatan dimana peserta didik diberikan suatu masalah dalam hal ini masalah berbentuk soal yang bervariasi (Prayugo 2012). Untuk mengembangkan soal HOTS, diperlukan pemahaman terlebih dahulu tentang HOTS dan cara mengembangkan soal HOTS yang dilengkapi dengan kata kerja operasional dan contoh untuk mata pelajaran seperti pada penjelasan berikut ini.

Minggu, 13 November 2016

KUMPULAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL UNTUK 10 MATA PELAJARAN SMA BESERTA KUNCI

Ujian Nasional memang belum jelas apakah akan sama dengan yang tahun sebelumnya, namun semua sekolah sudah mulai mempersiapkan siswanya dengan pemantapan dan try out. Ujian Nasional ada yang dilakukan melalui ujian dengan kertas maupun dengan online (UNBK). Tetapi keduanya perlu persiapan siswa di dalam menghadapinya. Maka tulisan ini akan menyajikan soal-soal persiapan menghadapi Ujian Nasional dan ujian/ulangan lainnya di sekolah dengan berbagai macam paket dalam bentuk dokumen word. Soal-soal ini juga ada yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Untuk mendownloadnya klik saja pada judulnya. Mudah-mudahan bermanfaat.
1. Bahasa Indonesia                 2. Kimia                       3. Geografi    
    Paket 1                                     Paket 1                          Paket 1
    Paket 2                                     Paket 2                          Paket 2
    Paket 3                                     Paket 3                          Paket 3
    Paket 4                                     Paket 4                          Paket 4
    Paket 5                                     Paket 5                          Paket 5
    Paket 6                                     Paket 6                          Paket 6
    Paket 7                                     Paket 7                          Paket 7
    Paket 8     Kunci                       Paket 8                          Paket 8
    Paket 9     Kunci                       Paket 9                          Paket 9
    Paket 10   Kunci                       Paket 10                        Paket 10
    Paket 11   Kunci                       Paket 11                         Paket 11
    Paket 12   Kunci                       Paket 12                        Paket 12
    Paket 13   Kunci                       Paket 13                        Paket 13
    Paket 14   Kunci                       Paket 14                        Paket 14
    Paket 15   Kunci                       Paket 15                        Paket 15
    Paket 16   Kunci                       Paket 16                        Paket 16
    Paket 17   Kunci                       Paket 17                        Paket 17
    Paket 18   Kunci                       Paket 18                        Paket 18
    Paket 19   Kunci                       Paket 19                        Paket 19
    Paket 20   Kunci                       Paket 20                        Paket 20
    
4. MTK IPA            5. MTK IPS            6. Biologi            7. Sosiologi
    Paket 1                    Paket 1                   Paket 1                Paket 1
    Paket 2                    Paket 2                   Paket 2                Paket 2
    Paket 3                    Paket 3                   Paket 3                Paket 3
    Paket 4                    Paket 4                   Paket 4                Paket 4
    Paket 5                    Paket 5                   Paket 5                Paket 5
    Paket 6                    Paket 6                   Paket 6                Paket 6
    Paket 7                    Paket 7                   Paket 7                Paket 7
    Paket 8                    Paket 8                   Paket 8                Paket 8
    Paket 9                    Paket 9                   Paket 9                Paket 9
    Paket 10                  Paket 10                 Paket 10              Paket 10
    Paket 11                  Paket 11                  Paket 11              Paket 11
    Paket 12                  Paket 12                 Paket 12              Paket 12
    Paket 13                  Paket 13                 Paket 13              Paket 13
    Paket 14                  Paket 14                 Paket 14              Paket 14
    Paket 15                  Paket 15                 Paket 15              Paket 15
    Paket 16                  Paket 16                 Paket 16              Paket 16
    Paket 17                  Paket 17                 Paket 17              Paket 17
    Paket 18                  Paket 18                 Paket 18              Paket 18
    Paket 19                  Paket 19                 Paket 19              Paket 19
    Paket 20                  Paket 20                 Paket 20              Paket 20

8. Bahasa Inggris                          9. Fisika                          10. Ekonomi
    Paket 1                                           Paket 1                               Paket 1
    Paket 2                                           Paket 2                               Paket 2
    Paket 3                                           Paket 3                               Paket 3
    Paket 4                                           Paket 4                               Paket 4
    Paket 5                                           Paket 5                               Paket 5
    Paket 6                                           Paket 6                               Paket 6
    Paket 7                                           Paket 7                               Paket 7
    Paket 8                                           Paket 8                               Paket 8
    Paket 9                                           Paket 9                               Paket 9
    Paket 10                                         Paket 10                             Paket 10
    Paket 11                                         Paket 11                              Paket 11
    Paket 12                                         Paket 12                             Paket 12
    Paket 13                                         Paket 13                             Paket 13
    Paket 14                                         Paket 14                             Paket 14
    Paket 15                                         Paket 15                             Paket 15
    Paket 16                                         Paket 16                             Paket 16
    Paket 17                                         Paket 17                             Paket 17
    Paket 18                                         Paket 18                             Paket 18
    Paket 19                                         Paket 19                             Paket 19
    Paket 20                                         Paket 20                             Paket 20
    Listening

Kamis, 27 Oktober 2016

Cara Mengembangkan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Tulisan ini akan menjelaskan tentang gerakan literasi di sekolah. Gerakan literasi ini merupakan amanat dari Permendikbud No 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Program ini terdiri dari 3 tahap pelaksanaan, yakni tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Kegiatan literasi di sekolah biasanya dimulai dengan 15 menit peserta didik membaca buku yang bukan buku pelajaran. Selanjutnya bisa dibaca dari paparan ini tentang GLS ini. Tulisan ini juga dilengkapi dengan bahan panduan gerakan literasi, bahan presentasi yang bisa Anda download pada akhir tulisan. Mudah-mudahan bermanfaat.
Latar Belakang

Pada abad ke-21 ini, kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Berdasarkan hal itulah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).  GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
Taufik Ismail pada tahun 1997 mengadakan penelitian pada tingkat SMA di 13 negara. Beliau meneliti tentang kewajiban buku dalam pembelajaran, tersedianya buku wajib di perpustakaan sekolah, bimbingan menulis, dan pengajaran sastra di sekolah. Ternyata dari penelitiannya tersebut diperoleh data bahwa negara yang siswanya membaca buku tertinggi adalah amerika serikat dengan 32 judul buku, belanda dan perancis 30 judul buku, jerman 22, jepang dan swiss 15 buku, kanada 13, rusia, 12, brunei 7, singapura dan Malaysia 6, dan Thailand 5. Sedangkan Indonesia rata-rata 0 buku. Jadi dapat disimpulkan di zaman yang modern ini, 90% siswa Indonesia hanya mengandalkan hidupnya dengan melihat dan mendengar saja. Pada hal teknologi semakin modern tapi tanpa membaca buku maka berarti kita masih primitif.
Kalau kita bandingkan dengan siswa Algemene Middelbare School (SMA zaman Belanda dulu) di Yogyakarta wajib membaca 25 buku sastra dalam waktu 3 tahun, tak jauh di bawah SMA Forest Hills (New York), di atas SMA Wanne-Eickel (Jerman) hari ini. Superioritas AMS Hindia Belanda itu jadi luar biasa karena 25 buku itu dalam 4 bahasa, yaitu Belanda, Inggeris, Jerman dan Perancis. Siswa AMS wajib menulis 1 karangan seminggu. Karangan disetor, diperiksa guru, diberi angka. panjang karangan 1 halaman. 36 karangan setahun, 108 karangan 3 tahun. Ketika mereka masuk universitas, tugas menulis makalah dan skripsi dilaksanakan dengan sangat baik dan lancar.
Selanjutnya kalau kita hubungkan dengan bonus demografi pada tahun 2045 atau ulang tahun Republik Indonesia ke- 100 tahun. Maka seandainya kita tidak menyiapkan generasi kita sekarang maka bonus demografi pada saat itu hanya akan lewat begitu saja tanpa memberikan manfaat bagi Negara ini. Ledakan penduduk usia kerja adalah hal penting karena dengan peningkatan penduduk usia kerja memberikan peluang mendapatkan bonus demografi. Apabila ada respon kebijakan pemerintah daerah yang positif pada saat bonus demografi, maka akan terjadi peningkatan produktivitas. Bonus Demografi juga memberikan keuntungan ekonomis yang disebabkan oleh menurunnya rasio ketergantungan penduduk usia non produktif sebagai hasil penurunan fertilitas jangka panjang. 
Dalam konteks internasional, pemahaman membaca tingkat sekolah dasar (kelas IV) diuji oleh Asosiasi Internasional untuk Evaluasi Prestasi Pendidikan (IEAthe International Association for the Evaluation of Educational Achievement ) dalam Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) yang dilakukan setiap lima tahun (sejak tahun 2001). Pada tingkat sekolah menengah (usia 15 tahun) pemahaman membaca peserta didik (selain matematika dan sains) diuji oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD— Organization for Economic Cooperation and Development) dalam Programme for International Student Assessment (PISA). Dalam PIRLS 2011 International Results in Reading , Indonesia menduduki peringkat ke-45 dari 48 negara peserta dengan skor 428 dari skor rata-rata 500 (IEA, 2012). Sementara itu, uji literasi membaca dalam PISA 2009  menunjukkan peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-57 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 493), sedangkan PISA 2012 menunjukkan peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-64 dengan skor 396 (skor ratarata OECD 496) (OECD, 2013) dari 65 negara yang berpartisipasi.  Data PIRLS dan PISA, khususnya dalam keterampilan memahami bacaan, menunjukkan bahwa kompetensi peserta didik Indonesia tergolong rendah.
Rendahnya keterampilan tersebut membuktikan bahwa proses pendidikan belum mengembangkan kompetensi dan minat peserta didik terhadap pengetahuan. Praktik pendidikan yang dilaksanakan di sekolah selama ini juga memperlihatkan bahwa sekolah belum berfungsi sebagai organisasi pembelajaran yang menjadikan semua warganya sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mengembangkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. Gerakan Literasi Sekolah memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.
Terobosan penting ini hendaknya melibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga satuan pendidikan. Pelibatan orang tua peserta didik dan masyarakat juga menjadi komponen penting dalam GLS. Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dikuasai peserta didik dengan baik sejak dini.

Jumat, 07 Oktober 2016

Download Gratis e-Rapor Kurikulum 2013

e-Rapor bertujuan agar penilaian yang dilakukan oleh pendidik maupun satuan pendidikan dapat terintegrasi dengan Dapodik serta mengacu pada Permendikbud no 23 Tahun 2016, untuk itu maka Direktorat Pembinaan SMA perlu segera mengupayakan suatu aplikasi penilaian berbasis kurikulum 2013 agar dapat membantu pendidik dalam melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran serta data penilaian yang diperoleh dapat diintegrasikan dengan Dapodik. Aplikasi yang disusun oleh Direktorat Pembinaan  SMA tersebut diberi nama e-Rapor SMA. Pada tulisan ini terdapat panduan instalasi, panduan penggunaan dan aplikasinya yang dapat di-download dengan meng-klik judulnya. 

Link Download :
2. Panduan Penggunaan
Aplikasi 32 bit
5. Aplikasi 32 bit bagian 3
Aplikasi 64 bit